Tentang PKTJ

Tentang PKTJ

PKTJ memiliki jati diri sebagai Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan yang termasuk sekolah ikalan dinas dibawah Kementerian Perhubungan berlokasi di Kota Tegal Jawa Tengah

Tentang PKTJ

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) adalah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Perguruan tinggi ini didirikan pada 14 Mei 1971 dengan nama Balai Diklat Trans Jaya. PKTJ berlokasi di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan kali pertama dikenal dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya) Tegal yang didirikan pada tanggal 14 Mei 1971 dan pada tanggal 27 September 1971 dibuka dan diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Sumpono Bayuaji. Lokasinya menempati bekas pergudangan PJKA (SCS) dengan luas areal kurang lebih 6,5 hektar, terletak di Jalan Semeru Nomor 3 Kota Tegal, Jawa Tengah. Awal berdirinya lebih dikenal sebagai Pusdik Perhubungan Darat di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LEMDIK) Perhubungan Darat Jakarta. Dengan adanya perubahan struktur organisasi Departemen Perhubungan Nomor KM.415/U/PHB-1975, nama LEMDIK Perhubungan Darat diubah menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan Darat (Pusdiklat Perhubungan Darat). Pusdik Perhubungan Darat di Tegal berubah menjadi Unit Pelaksana Pendidikan dan Latihan Perhubungan Darat dan dengan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.51/OT/PHB-1978 tanggal 8 Maret 1978 berubah menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Darat dan Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya) Tegal. Kemudian dengan adanya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.73 Tahun 2002, namanya berubah lagi menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Tegal sampai dengan saat ini.

Dr. Siti Maimunah, S.Si., M.S.E., M.A.,

Sejalan dengan program internasionalisasinya, PKTJ world class university
Pelajari selengkapnya

Peta Kampus PKTJ I

Peta Kampus PKTJ II